Darimanakah datanggnya air ? mengapa air tidak kunjung habis, meskipun kita gunakan setiap hari ? air selalu ada di bumi, karena air mengalami daur atau siklus. Daur air di alam merupakan rentetan perubahan wujud air yang terjadi terus menerus dan berulang – ulang.

Siklus Hidrologi

Siklus hidrologi adalah sirkulasi air yang berasal dari laut kemudian menuju atmosfer lalu kembali lagi kebumi , setelah itu ke laut lagi, dan begitu seterusnya. Jalurnya meliputi bagian air yang berbentuk gas di dalam atmosfer planet bumi, melalui permukaan bumi seperti lautan, danau , dan gletser. Pada saat yang sama air melewati tanah dan lapisan batuan di dalam tanah kemudian air dikembalikan lagi ke atmosfer.

Siklus hidrologi ini memiliki karekteristik mendasar bahwa siklus ini tidak memiliki awal dan tidak memiliki akhir atau sebenarnya jumlah air di bumi secara keseluruhan cenderung tetap, tetapi hanya wujud dan tempatnya yang berubah hal ini dapat kita pelajari dengan proses seperti Evaporasi, Kondensasi, presipitasi perkolasi,transpirasi,limpasan dan penyimpanan.

Evaporasi

Evaporasi atau penguapan terjadi ketika air berubag bentuknya dari cair menjadi gas. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi jumlah penguapan yang ada di alam yaitu radiasi matahari, suhu udara, tekanan angin, tekanan uap, dan tekanan atmosfer. Penguapan ini dapat terjadi di banyak tempat, seperti pada tetesan air hujan, air laut dan danau. bahkan penguapanpun bisa terjadi pada air yang menetap seperti air vegetasi tanaman, air tanah air yang ada di batu dan salju. selain itu, ada juga penguapan yang disebabkan oleh aktivitas manusia.

Kondensasi

kondensasi adalah proses ketika air dalam bentuk gas berubah kembali dalam bentuk cair . contoh peristiwa ini adalah ketika uap air yang mengembun membentuk embun, kabut atau awan.

Presipitasi

yang dimaksud dengan presipitasi adalah proses yang terjadi ketika air jatuh dari admosfer ke tanah atau biasa disebut dengan istilah hujan . dalam hal ini ada dua subproses yang menyebabkan awan melepaskan air hujan, yang pertama adalah proses peleburan dan kedua adalah proses es kristal.

Perkolasi

Perkolasi adalah proses yang terjadi ketika air meresap terus kedalam tanah . Air meresap sampai pada kedalaman tertentu sampai mencapai air tanah atau ground water

Transpirasi

Transpirasi adalah proses evaporasi atau penguapan air yang terkandung dalam tumbuhan, terjadi terutama pada siang hari.

Limpasah

Limpasan atau Runoff adalah aliran air di atas permukaan tanah melalui sungai atau parit samapai menuju ke laut . faktor ini mencakup limpasan permukaan dan juga limpasan saluran.

Penyimpanan

penyimpanan, yaitu air yang tersimpan di bumi, ada tiga lokasi penyimpanan air yang terjadi di bumi , air di atmosfer, air di permukaan bumi dan air di dalam tanah.

Tiga Macam Siklus Hidrologi

terjadinya siklus hidrologi dibedakan menjadi tiga macam yakni siklus pendek, siklus sedang, dan siklus panjang.

Siklus pendek

Siklus pendek merupakan terjadinya penguapan air laut menjadi gas karena panas matahari . Uap air kemudian terkondensasi dan membentuk awan yang pada akhirnya akan kembali jatuh ke permukaan air laut.

siklus sedang

siklus sedang , siklus ini mirip seperti siklus pendek, perbedaanhya hanya pada uap air yang tebentuk kemudian terbawa angin dan membentuk awan. dari awan turunlah hujan yang jatuh ke permukaan daratan dan akhirnya air akan kembali ke laut.

siklus panjang

siklus panjang merupakan air laut yang menguap menjadi gas karena panas matahari. Uap air akan mengalami sublimasi dan membentuk awan yang mengandung kristal es. Kristal es yang ada pada awan akan jatuh dalam bentuk salju dan membentuk gletser . Gletser kemudian mencair dan akan membentuk aliran sungai dan akhirnya akan kembali ke lauit.